Friday, April 1, 2011

How To Search Engine Works (Cara Kerja Mesin Pencari)

Di rangkum oleh: Ucup_Mardhiono


How To Search Engine Works (Bagaimana Mesin Pencari Itu Bekerja / Cara Kerja Mesin Pencari)

Bagaimanakah mesin pencari itu bekerja? Sebelum mengetahui bagaimakah mesin pencari itu bekerja, lebih baik Anda mengenal dahulu mengenai bagian - bagian yang di pergunakan oleh search engine (mesin pencari) dalam bekerja. Bagian - bagian yang berperan untuk mesin pencari, yaitu:

Search Engine Optimization


1. Spider

Spider adalah program yang dimiliki search engine (mesin pencari). Tugas spider yaitu menyebar untuk mengambil halaman-halaman yang di temukannya, hampir mirip dengan cara kerja browser.

2. Crawler

Setelah Anda mengetahui tentang spider, saya akan sedikit memberitahu yang bertugas mengarahkan spider kepada website - website yang di tuju. Yang bertugas untuk menenetukan arah yang akan di tuju dan sekaligus mengevaluasi link suatu website yaitu Crawler. 

3. Indexer

Sebuah website ataupun blog yang baru di publish, sudah pasti belum terindex oleh mesin pencari. Indexer di miliki oleh mesin pencari, yang bertugas mendeskripsikan suatu halaman website dan menganalisa berbagai unsur di dalamnya, seperti pada penulisan title, penulisan huruf, keyword-keyword yang ada dalam konten sehingga dengan demikian akan mengenal website lebih jauh lagi terutama dalam menganalisa suatu keyword yang ada di dalamnya.

4. Database

Setelah suatu website terindex oleh mesin pencari, maka data - data akan tersimpan pada database. Database juga di pergunakan sebagai tempat menganalisa suatu halaman website.

5. Result Engine ()

Result Engine yaitu suatu program yang memiliki tugas untuk menggolongkan sebuah website dan menentukan perangkingan dalam hasil pencarian yang diminta oleh user.

6. Web Service

Web service merupakan bagian terakhir yang di miliki oleh sebuah mesin pencari, akan tetapi merupakan bagian penting sebagai tulang belakang dari world wide web (www). Web service yang melayani permintaan kepada user yang merupakan umpan balik dari permintaan user tersebut. Yang berarti jika ada permintaan dari browser, maka web server akan memproses permintaan itu kemudian memberikan hasil prosesnya berupa data yang diinginkan kembali ke browser. Data ini mempunyai format yang standar, disebut dengan format SGML (standar general markup language). Data yang berupa format ini kemudian akan ditampilkan oleh browser sesuai dengan kemampuan browser tersebut.


2 comments:

  1. ini dia artikel yang saya cari.. Ditunggu kunjungan baliknya ke blogku, bro di http://masarkandas.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Mksh gan,,, bagus bngt dan bermanfaat

    ........

    http://hawapasutri.blogspot.com

    ReplyDelete