Monday, April 4, 2011

Tips On Page Optimization

Di Rangkum Oleh Ucup_Mardhiono

Tips On Page Optimization


On Page Optimization yaitu pengoptimalan pada dalam website Anda, sehingga peringkat lebih baik di search engine dan meningkatkan kepuasan pengunjung ke website Anda. Sebuah website sebelum Anda Optimize, ada baiknya untuk di perhatikan terlebih dahulu beberapa bagian penting yang harus di perbaiki pada website Anda. Bagian tersebut adalah:

1. Page Titles

Mengapa Page Titles sangat penting dalam sebuah website? Memang penting untuk Anda perhatikan, karena search engine (selanjutnya di baca: mesin pencari) melalui spiders mengunjungi sebuah website seringnya menggunakan Page Titles sebagai judul dalam hasil mesin pencari. Oleh karena itu, title itu adalah tempat yang sangat baik untuk menempatkan keyword. Apabila Anda mengoptimize menggunakan backlink dari blog - blog yang mengarah langsung menuju website utama, maka mesin pencari akan lebih mudah membaca dan mengcrawl keywords Anda.

Penerapan penggunaan Page Titles yang benar, yaitu: Keyword 1 | Nama Website | Keyword 2 | Keyword 3 | Keyword 4 | Website Ini Tentang Apa?

2. URL

Untuk pemilihan URL perlu untuk Anda berhati - hati agar tidak kepanjangan. Rangkaian URL tidak perlu panjang, buatlah sesimple dan sedinamis mungkin, sehingga mesin pencari akan dengan tepat mengindex website Anda. Sisipkanlah sebuah keyword nomor satu atau top search yang terdapat pada Google Analytics ke dalam URL yang akan Anda buat. Mengapa harus simple dan dinamis dalam pemilihan URL? Karena kebanyakan orang mendesign sebuah website yang menggunakan Content Management System (CMS), terlihat seperti Anda menumpahkan se ember alphabet di atas meja kerja.

Contoh penggunaan URL yang tepat dapat Anda lihat pada: www.hamster.com / http://id.linkit360.com / http://id.jobsdb.com / www.kotakgame.com.

Intinya adalah, Anda menggunakan URL pada website yang akan Anda buat harus:


a. Simple,
b. Dinamis,
c. Menyisipkan Keyword Top Search, dan
d. Tidak Lebih Dari 3 Kata Yang di Rangkaikan




3. Content


Content atau biasa di sebut: isi dari sebuah website. Keaslian dan keunikan dari penulisan artikel yang akan di masukkan ke dalam sebuah website sangatlah penting. Mesin pencari tidak akan mengindex website Anda apabila content di dalam website Anda lebih banyak copy paste dari website tetangga ataupun blog orang lain. Kalau pun Anda ingin mengambil content pada website ataupun blog orang lain, maka ambillah intisari dari content yang akan di ambil lalu Anda buat kembali artikel nya menggunakan kata - kata yang berbeda. Cara ini bisa di sebut sebagai Editorial. Jadi Anda tidak copy paste secara keseluruhan dan menjadikan artikel nampak seperti original (asli).


Usahakan ketika Anda membuat sebuah artikel untuk di jadikan content website Anda, maka sisipkanlah keywords. Pengulangan keywords dalam sebuah artikel juga penting, karena dengan begitu spiders akan menghitung jumlah keywords yang terdapat pada content tersebut. Akan tetapi, ada baiknya penggunaan keyword jangan terlalu banyak, maksimal penggunaan keyword pada satu content yaitu 3 keyword.




4. Alt Atributes



Alt Atributes biasa di sebut alternative picture atau alternate atributes. Jadi, Alt Atributes yaitu ketika Anda membuka sebuah website dan tidak dapat membuka tampilan gambar yang ada pada website tersebut, maka akan muncul keterangan berupa text ataupun link. Seringkali banyak orang melupakan untuk memberikan keterangan pada gambar.




On Page Optimization SEO



Padahal dengan memberi keterangan seperti gambar di atas dapat membantu mesin pencari melihat dan menterjemahkan maksud gambar. Juga dapat menambah kemungkinan untuk keyword Anda terindex oleh mesin pencari.





5. Meta Tag


Meta Tag terdapat atau biasa ada di dalam element head setelah Tag Judul. Meta Tag menyediakan metadata tentang HTML Document. Metadata tidak akan ditampilkan pada halaman body content, tetapi di bagian dalam suatu website / blog. Meta element biasanya digunakan untuk menentukan halaman deskripsi, kata kunci, penulis dokumen, terakhir dimodifikasi, dan metadata lainnya. Meta Tag saat ini sudah tidak ada efek terhadap mesin pencari google, sehingga jarang di gunakan. Bahkan banyak SEO sudah tidak mempergunakan Meta Tag lagi.


6. Outbound Links

Outbound Links yaitu backlink sebuah keyword yang menuju atau mengarah ke sebuah website luar. Dengan Anda melempar backlink keyword ke website atau blog luar, maka secara otomatis hal ini dapat membuat peringkat sebuah website ataupun blog yang menggunakan Outbound Links dapat menurunkan peringkat pada direktori Mesin Pencari.

Coba Anda perhatikan pada kata / keyword Mesin Pencari yang di beri backlink: Links. Hal tersebut adalah Outbound Links. Saran dari saya agar Anda tidak terlalu banyak mempergunakan keyword untuk Outbound Links pada sebuah website utama. Perbanyaklah penggunaan Internal Linking pada website utama Anda. Untuk penjelasan mengenai Internal Linking dapat Anda lihat pada point selanjutnya.


7. Internal Linking

Internal Linking adalah link antar artikel dalam satu blog (dari satu halaman ke halaman lain). Misalnya seperti ini, Saya mengoptimize keyword: Cara Kerja Mesin Pencari, yang di berikan backlink pada posting saya yang sebelumnya. Dengan Anda melakukan Internal Linking, maka akan membantu meningkatkan search engine ranking pada hasil pencarian search engine seperti google, yahoo, dan bing. 

Internal Lingking sebaiknya jauh lebih banyak dibandingkan dengan Link keluar. Dengan Anda lebih banyak menggunakan Internal Linking daripada Link keluar, maka Anda mempersiapkan agar blog atau website ramai pengunjungnya dan stabil. Dengan blog Anda ramai pengunjungnya dan stabil, maka memperbesar kemungkinan untuk Anda memasang iklan atau biasa di sebut ads yang efektif.


8. Keyword Density



Keyword Density atau bisa di sebut kepadatan/kerapatan kata kunci. Perhitungan dilakukan dengan membandingkan jumlah kata kunci yang dideteksi dengan jumlah keseluruhan kata per halaman. Mesin Pencari menghitung kata kunci dari satu kata, dua kata dan seterusnya, kemudian hasil perbandingan itu dilaporkan dalam prosentase. Keyword Density yang tepat adalah Anda memilih yang sedang - sedang saja. Karena apabila Anda mengejar Keyword Density 50% ataupun lebih, maka Anda terlihat jelas sedang mengejar Mesin Pencari. Artikel Anda seperti hanya menanam kata kunci dan mengabaikan keindahan bertutur kata. Mesin pencari dapat menilai yang Anda lakukan itu adalah spam.


Keyword Density yang ideal menurut ahli - ahli SEO sepakat untuk menjaganya hingga 5%. Keyword Density yang bagus adalah 4 - 5%, jangan lebih dari 5%. Hal ini berdasarkan kesepakatan bersama yang mutlak banyak yang berhasil. Saran dari Saya kepada Anda untuk mengikuti kesepakatan bersama para ahli SEO mengenai Keyword Density ini.


Cara cek Keyword Density yaitu:

a. Silahkan Anda kunjungi: http://www.webuildpages.com/seo-tools/keyword-density.



b. Pada Ignore words tentukan maksimal jumlah kata yang akan dideteksi. Misal Anda isi 3, maka tools akan cek hingga keyword 3 kata. Pada Minimum isi batas minimal jumlah temuan per keyword. Misal Anda isi 2, maka tools hanya melaporkan keyword-keyword yang minimal ditemukan 2 kali.

c. Centang semuanya untuk analisa kerapatan meta tag juga dan klik Submit.

d. Akan muncul laporan di bawahnya.


Cara Cek Keyword Density




9. Tags



Pengertian dalam bahasa indonesianya untuk Tag yang berarti ‘label’ adalah kata kunci non-hirarkis atau istilah penugasan sepotong informasi (Seperti penunjuk Internet, gambar digital, atau file komputer). Hal ini sedikit membantu untuk Mesin Pencari sebagai sedikit penjelasan mengenai Content yang terdapat pada suatu website ataupun blog.




10. Robots


Untuk Robots termasuk penting bagi Anda yang ingin melakukan On Page Optimization, karena Anda dapat menentukan Robot Mesin Pencari yang boleh masuk ataupun tidak ke website Anda. Untuk Robot.txt Syntax, yaitu seperti ini:


User-agent:*
Disallow: /privatefolder/
Disallow: /privatefile.html


User-agent: Googlebot/2.1
Disallow: /nogoogle.html
Sitemap: http://www.mysite.com/sitemap.xml


Bisa Anda rubah sesuai pilihan yang Anda inginkan Robot dari Mesin Pencari mana sajakah yang boleh masuk ataupun tidak, oleh karena itu tentukanlah pilihan Anda.


Dan untuk Robots Meta Tag, yaitu seperti ini:


<meta name="ROBOT NAME" content="ARGUMENTS"/>


* ROBOT NAME dapat di tuliskan huruf kecil seperti "robots", untuk semua robots atau the user-agent dari sebuah spesifik robot. Silahkan Anda lihat daftar robot user-agent dari kolom kiri:


noindex                 Google, Yahoo, Live, Ask          Page Not Indexed


nofollow                Google, Yahoo, Live, Ask          All Links On Page Become No Followed


noarchive              Google, Yahoo, Live, Ask          Page Not Cached


noodp                   Google, Yahoo, Live            Stops Description and Title Tag Overwrite by DMOZ (Only For Homepage)


noydir                   Yahoo                                 Stops Description and Title Tag Overwrite By Yahoo Directory


nosnippet               Google                               Stops Google From Generating Description Based on On-Page Text




11. Sitemap Syntax


<?xml version="1.0" encoding='UTF-8'?>
<urlset xmlns='http://www.sitemaps.org/schemes/sitemap/0.9'>
 <url>
   <loc>http://www.mysite.com/ </loc>
   <lastmod> 1987-05-25</lastmod>
   <changefreq>monthly</changefreq>
   <priority>0.8</priority>
  </url>
</urlset>


Untuk Anda yang ingin mendapatkan sitemap gratis, silahkan visit: http://www.xml-sitemaps.com.





No comments:

Post a Comment